Membersihkan Sofa Kulit agar Mengkilap dan Tidak Berjamur

Anda membutuhkan tempat duduk untuk membuat rumah terasa nyaman. Kalau mau tempat duduk yang paling nyaman, Anda bisa menggunakan sofa. Sofa merupakan tempat duduk yang dilengkapi dengan pegas sehingga membuat teksturnya empuk sekali. Anda tidak akan merasa lelah saat duduk di sofa. Kini semakin banyak tersedia produk sofa di pasar. Salah satunya yaitu sofa kulit. Ini merupakan produk sofa yang dilapisi dengan bahan kulit.

Sama seperti produk-produk berbahan dasar kulit lainnya, sofa kulit mempunyai penampilan yang sangat mewah. Strukturnya padat, berukuran tebal, dan permukaannya pun nampak mengkilap. Sofa ini terlihat sangat berkelas. Namun sayangnya merawat sofa kulit itu tidaklah mudah. Anda harus memberikan perawatan secara tepat agar permukaannya tetap berkilau. Sofa kulit yang tidak dirawat dengan baik akan ditumbuhi jamur sehingga mudah rusak.

cara-merawat-sofa-kulit.jpg

Kami dari AlatPerabotan.com mempunyai kiat-kiat jitu untuk merawat sofa kulit!

  1. Bersihkan Memakai Kain yang Lembab

Usahakan Anda membersihkan sofa kulit setiap hari untuk menjaga kebersihannya. Jangan biarkan permukaan sofa tersebut kotor. Cara yang paling mudah dalam membersihkan sofa kulit yaitu menggunakan kain yang lembab. Anda cukup memakai kain microfiber yang biasa digunakan untuk mencuci sepeda motor. Celupkan kain ini di air bersih, lalu peras. Selanjutnya Anda bisa menggunakan kain ini untuk mengelap permukaan sofa. Bersihkan seluruh permukaan sofa kulit Anda.

  1. Pakailah Pembersih Khusus Bahan Kulit

Kadang-kadang ada noda membandel yang menempel di permukaan sofa kulit. Noda tersebut tidak dapat dihilangkan meskipun Anda sudah mencoba membersihkannya berkali-kali menggunakan kain microfiber. Untuk kebutuhan ini, Anda perlu memakai produk pembersih khusus untuk bahan kulit. Produk ini juga bisa digunakan untuk membersihkan jaket kulit, topi kulit, atau benda-benda apapun yang terbuat dari kulit. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan noda membandel dengan aman.

  1. Hindari Menggunakan Sabun yang Keras

Jangan pernah mencoba membersihkan sofa kulit menggunakan sabun cuci piring, deterjen pakaian, cairan pemutih baju, atau sabun-sabun yang bersifat keras lainnya. Memang sih produk-produk pembersih ini sangat efektif dalam menghilangkan noda. Namun cepat atau lambat material kulit pada sofa Anda pasti bakal rusak. Sebaiknya gunakan produk pembersih khusus untuk sofa kulit. Kini banyak sekali kok produk ini yang tersedia di pasaran.

  1. Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner

Untuk perawatan harian sofa kulit tersebut, Anda bisa membersihkannya memakai vacuum cleaner. Sebenarnya sofa yang terlihat bersih belum tentu kondisinya pasti bersih. Kadang-kadang ada partikel-partikel debu atau kotoran lainnya yang terselip di bagian sudutnya. Anda bisa memakai vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran-kotoran tersebut. Cukup arahkan saja bagian moncong dari vacuum cleaner ke setiap sudut sofa supaya debu-debu di sana tersedot semuanya.

  1. Oleskan Pelembab di Permukaannya

Khusus untuk sofa yang terbuat dari material kulit, Anda perlu mengoleskan bahan pelembab di permukaannya. Kalau tidak, permukaan sofa tersebut akan mengering, permukaannya menjadi pecah, mengalami retak-retak, dan akhirnya sofa tadi akan cepat rusak. Sebenarnya sudah tersedia produk pelembab khusus untuk sofa kulit. Namun Anda juga boleh memakai lotion untuk melembabkan permukaan sofa ini. Anda cukup mengoleskannya ke seluruh permukaan sofa secara merata.