Mengapa Rice Cooker Berbau Gosong?

Kita beruntung karena hidup di zaman modern, di mana sudah banyak peralatan canggih yang diciptakan. Salah satunya ialah rice cooker. Rice cooker adalah perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk menanak nasi. Dengan rice cooker, Anda tidak perlu repot lagi kalau ingin memasak nasi. Anda tinggal memasukkan beras yang telah dicuci bersih ke dalam rice cooker dan menambahkan air secukupnya. Tak lama kemudian nasi pun telah siap santap.

Namun apa jadinya kalau suatu ketika Anda sedang menanak nasi menggunakan rice cooker, lalu tiba-tiba tercium bau gosong dari perangkat ini? Anda pasti merasa kaget bukan main dan takut bilamana terjadi apa-apa dengan perangkat rice cooker tersebut. Di sisi lain nasi yang Anda masak pun menjadi kurang sedap karena tercium bau gosong yang cukup kuat. Anda pun menjadi kesal sendiri kenapa rice cooker tersebut bisa mengalami gosong.

rice-cooker-berbau-gosong.jpg

Tahukah Anda, setidaknya ada 5 faktor yang menyebabkan rice cooker beraroma gosong? Di antaranya yaitu :

Penyebab 1. Penambahan Air yang Terlalu Sedikit

Anda harus menggunakan air dalam jumlah yang cukup sesuai jumlah beras yang hendak dimasak. Tetapi karena ketidaktahuan Anda, maka air yang ditambahkan terlalu sedikit. Alhasil nasi pun menjadi tidak matang dan bagian dasarnya berkerak karena gosong. Bukan hanya nasi yang menjadi korbannya, tetapi panci juga bisa rusak jika masalah ini sering terjadi. Jika Anda tidak mengetahui takaran air yang pas saat memasak dengan rice cooker, cukup ukur saja memakai jari. Pastikan ketinggian air seruas jari di atas beras.

Penyebab 2. Bagian Dalam Rice Cooker Basah

Kondisi bagian dalam rice cooker yang basah atau berair juga bisa menyebabkannya beraroma gosong. Hal ini biasanya terjadi ketika panci yang Anda masukkan masih dalam kondisi basah. Sedikit demi sedikit air akan mengakibatkan bagian dalam rice cooker menjadi berkarat. Ketika jumlah karat yang timbul sudah cukup banyak, maka panas yang dipancarkan oleh elemen pemanas rice cooker akan membakarnya. Dari sinilah tercium aroma gosong yang berasal dari karat yang terbakar. Sebaiknya Anda rutin membersihkan rice cooker untuk mencegahnya.

Penyebab 3. Tombol Memasak Menyala Terus

Elemen panas yang melengkapi produk rice cooker akan menghasilkan panas yang kuat pada saat dalam posisi memasak (cooking). Kemudian setelah nasi sudah matang, elemen ini akan berpindah sendiri ke posisi menghangatkan (warming) secara otomatis. Pancaran panasnya pun sedikit berkurang. Tetapi jika elemen pemanas tidak bisa pindah secara otomatis atau ada orang yang sengaja memosisikan sakelar ke posisi memasak (cooking) lagi, maka panas yang dikeluarkan tetap tinggi. Akibatnya panas tadi akan membakar nasi yang sudah matang sehingga gosong.

Penyebab 4. Memasak Terlalu Lama

Sejatinya rice cooker hanya ditujukan untuk keperluan menanak nasi. Namun tidak sedikit pengguna yang juga memakainya untuk memasak sayuran, membuat mie instan, hingga merebus air. Sebenarnya boleh-boleh saja sih Anda menggunakan rice cooker untuk keperluan tersebut. Tetapi usahakan Anda tidak meninggalkan rice cooker pada saat proses memasak sedang berlangsung. Sebab sudah banyak terjadi kasus rice cooker yang gosong akibat pengguna lupa tengah memasak sampai mengakibatkan air di dalam panci habis dan akhirnya terbakar.

Penyebab 5. Rice Cooker Telah Rusak

Munculnya aroma gosong dari rice cooker bisa juga dikarenakan oleh produk tersebut yang telah rusak. Anda harus memeriksanya secara menyeluruh untuk mengetahui asal-muasal timbulnya bau gosong. Jika bau gosong keluar dari panci, maka kemungkinan besarnya adalah sakelar otomatis yang ada di rice cooker tersebut sudah tidak berfungsi normal. Akibatnya rice cooker terus memasak ketika nasi sudah matang. Tetapi jika bau gosong datang dari bagian dalam produk, bisa jadi ada kabel yang mengalami korsleting listrik.