Mengatasi Setrika yang Lengket dengan Mudah

Salah satu masalah yang paling sering menimpa setrika yaitu bagian logamnya yang lengket dan menempel di pakaian. Hal ini tentu sangat mengganggu Anda ketika menyetrika. Setrika yang lengket sangat sulit digerak-gerakkan. Anda tidak bisa leluasa menggerakkan setrika tadi ke segala arah. Selain itu, lengketnya setrika dengan pakaian juga berpotensi dapat merusak pakaian itu sendiri. Pakaian tersebut bisa menjadi gosong akibat terbakar.

Sebenarnya sih lengketnya setrika ini merupakan perkara yang sepele. Setrika yang lengket tersebut bukan berarti sudah rusak ya. Anda bisa mengatasinya dengan mudah asalkan sudah tahu caranya. Yang penting Anda jangan langsung panik ketika mengalami masalah ini. Setrika yang lengket ini juga tak perlu diganti dengan setrika baru. Anda masih bisa menggunakannya sebagaimana setrika pada umumnya.

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan setrika Anda menjadi lengket dengan pakaian.

  1. Lapisan anti-lengket pada logam yang sudah terkikis seiring dengan berjaannya waktu atau kesalahan dalam pemakaian
  2. Menggosokkan setrika ke kancing atau resleting sehingga mengakibatkan lapisan anti-lengket pada logam terkelupas.
  3. Kondisi permukaan logam yang terlalu kotor akibat banyaknya partikel-partikel debu yang menempel.

mengatasi-setrika-yang-lengket.jpg

Masalah setrika yang lengket ini harus segera diatasi supaya aktivitas menyetrika Anda tidak terganggu. Adapun caranya adalah sebagai berikut!

Kiat I. Manfaatkan Daun Pisang

Sudah menjadi rahasia umum jikalau daun pisang dapat digunakan untuk mengatasi setrika yang logamnya sudah lengket dengan pakaian. Kami yakin orang tua Anda pun pasti pernah menyarankannya. Ternyata pendapat ini terbukti benar loh. Daun pisang bisa diandalkan untuk memperbaiki kembali setrika yang lengket. Hal ini disebabkan kandungan minyak atsiri di daun pisang yang dapat melicinkan logam setrika. Anda cukup menggosokkan setrika ke permukaan daun pisang beberapa kali sampai daunnya layu. Lantas, setrika pun siap digunakan.

Kiat II. Gunakan Jeruk Nipis

Apabila setrika Anda lengket karena adanya bagian yang sudah terbakar, Anda bisa mengatasi masalah tersebut menggunakan jeruk nipis. Air sari dari buah jeruk nipis sangat efektif dipakai untuk menghilangkan kerak-kerak pada logam setrika. Caranya mudah sekali membersihkan setrika menggunakan jeruk nipis ini. Potonglah buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian gunakan salah satu potongannya. Gosokkan potongan buah jeruk nipis tadi ke permukaan logam pada setrika hingga lapisan keraknya hilang dan kondisinya kembali bersih.

Kiat III. Pakai Parasetamol

Siapa sangka parasetamol yang biasanya dipakai untuk menurunkan demam dan meredakan sakit kepala ternyata bisa juga dipakai untuk mengatasi setrika yang lengket? Walau tampaknya aneh dan mustahil, tapi ternyata parasetamol sudah terbukti bisa digunakan untuk mengatasi setrika yang lengket. Caranya adalah larutkan 1 butir parasetamol dengan 1 sendok makan air. Aduklah sampai kedua bahan ini tercampur rata. Kemudian nyalakan setrika sampai suhunya menjadi hangat, lalu matikan kembali. Gunakan spons untuk menggosokkan larutan parasetamol ke permukaan logam setrika secara merata.