Menghilangkan Noda Bekas Setrika Panas di Pakaian

Guna mendukung penampilan Anda agar bisa terlihat rapi dan menarik, Anda perlu menyetrika pakaian yang akan dikenakan. Setrika sangat efektif digunakan untuk merapikan pakaian dan membuat teksturnya menjadi licin dari sebelumnya yang kumal dan kusut. Setrika merupakan perangkat elektronik yang memiliki peranan penting. Berkat alat ini, Anda dapat merapikan pakaian, termasuk baju dan celana, dengan lebih mudah.

Kelihatannya proses menyetrika itu tidak terlalu sulit. Kita hanya perlu menggosokkan setrika tersebut beberapa kali ke pakaian sampai teksturnya menjadi licin dan rapi. Namun faktanya menyetrika membutuhkan keahlian tersendiri. Jika tidak tepat dalam mengerjakannya, bukan tidak mungkin pakaian Anda akan menjadi korban. Selain gosong akibat terbakar, pakaian juga bisa memiliki noda membandel yang berkilauan karena panas yang berlebih.

menghilangkan-noda-bekas-setrika.jpg

Noda yang timbul akibat setrika yang terlalu panas ini akan tampak berkilau saat tertimpa oleh cahaya. Kalau seluruh bagian pakaian yang berkilau mungkin tidak masalah. Justru akan timbul kesan mewah dari kilauan tadi. Tetapi berbeda dengan noda yang timbul akibat suhu setrika yang terlalu panas, area yang berkilau hanya di bagian tertentu saja. Bahkan tak jarang kilauan tersebut membentuk pola logam setrika. Tentu saja kondisi ini sangat memalukan.

Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan pakaian Anda terkena noda akibat setrika.

  1. Pemakaian fitur pengatur suhu secara otomatis yang berfungsi tidak tepat. Jika suhu setrika terlalu panas tetapi pakaian cukup tipis, maka akan timbul noda ini.
  2. Menempatkan setrika terlalu lama pada suatu bagian sehingga membuat bagian ini menerima panas yang berlebih. Akibat suhu yang tak rata, timbul noda belang-belang.
  3. Setrika sudah mengalami kerusakan, terutama di tombol pengatur suhunya. Hal ini menyebabkan Anda tidak bisa mengatur suhu setrika sesuai kebutuhan.

SOLUSI

Pakaian yang sudah terlanjur mengalami noda berkilau akibat terkena suhu setrika yang terlalu panas ini sayangnya tidak bisa diperbaiki. Pakaian tersebut akan tetap berkilau di beberapa bagian serta tidak mungkin dapat dihilangkan. Kecuali bila saat menyetrika, Anda menyadari kalau telah melakukan tindakan yang salah sehingga akan menyebabkan timbulnya noda kilau ini. Maka Anda masih bisa menyelamatkan pakaian tersebut dengan merendamnya memakai air dingin. Rendam selama 20-30 menit, lalu jemurlah sampai kering dan setrika lagi.