Panduan Cara Menggunakan Alat Pemadam Api

Anda harus tahu bagaimana caranya menggunakan alat pemadam api. Jangan sampai deh ketika terjadi kebakaran Anda tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak tahu cara mengoperasikan alat pemadam tersebut. Alat pemadam api memang harus ada di setiap rumah. Sayangnya masih jarang rumah-rumah di Indonesia yang memilikinya. Selain karena harganya yang lumayan mahal, tidak sedikit pula orang yang belum tahu cara menggunakannya.

Apabila terjadi kebakaran, Anda harus tetap bersikap tenang dan waspada. Utamakanlah keselamatan diri Anda dengan segera keluar dari wilayah kebakaran. Disarankan untuk berpindah tempat dengan cara merayap agar Anda terhindar dari asap beracun. Jangan pernah sungkan untuk berteriak meminta tolong supaya orang lain bisa menyelamatkan diri Anda. Anda bisa menelepon Dinas Pemadam Kebakaran untuk membantu memadamkan. Selama menunggu petugas datang, Anda bisa melakukan upaya pemadaman sederhana menggunakan air, kain basah, dan alat pemadam api.

menggunakan-alat-pemadam-api.jpg

Berikut ini langkah-langkah menggunakan alat pemadam api yang benar!

Langkah Pertama

Kuasai diri Anda terlebih dahulu dengan bersikap tenang dan tidak panik. Ambil alat pemadam api, lalu periksa sejenak untuk memastikan masih ada isinya. Hal ini bisa dilihat melalui jarum penunjuk pada indikator yang melengkapinya. Jika tekanan alat tersebut kurang, Anda bisa mencoba memutar baliknya sebanyak 2 kali. Cara ini biasanya mampu mengencerkan cairan yang terdapat di dalam alat pemadam tersebut sehingga tekanannya kembali normal.

Langkah Kedua

Berjalanlah secara hati-hati menuju ke titik api. Jangan terlalu dekat dengan api tersebut sehingga dapat membahayakan diri Anda sendiri. Setidaknya Anda harus berada dalam jarak sejauh 1,5-3 meter dari titik api. Pastikan pula posisi Anda tidak melawan arah angin agar tidak terkena sambaran dari lidah api. Kemudian lepaskan pin pengaman alat pemadam api yang ada di bagian valve dengan menariknya sampai terlepas.

Langkah Ketiga

Peganglah bagian nozzle (pangkal selang) dengan mantap, kemudian arahkan tepat ke sumber api. Dengan kuat, Anda harus menekan lever (tuas) alat pemadam api sampai mengeluarkan isinya. Pastikan Anda mengarahkan semburan alat pemadam api tersebut tepat ke sumber api. Lakukan gerakan penyemburan alat pemadam api ke kanan dan kiri secara berulang-ulang supaya proses pemadaman bisa berlangsung secara efektif. Lakukan upaya pemadaman ini sampai seluruh api telah padam dan tidak menyisakan bunga api sedikit pun.