Penyebab Air Cooler Bau Amis dan Solusinya

Keberadaan Air Cooler sudah seharusnya membuat suasana rumah menjadi semakin nyaman. Rumah menjadi lebih sejuk dan udaranya pun tidak membuat gerah lagi. Pokoknya perangkat elektronik ini benar-benar membantu Anda dalam menciptakan rumah sesuai impian. Tapi itu dulu selama Air Cooler tersebut bekerja sesuai semestinya. Karena sekarang Air Cooler milik Anda sedang berperilaku aneh dengan mengeluarkan bau amis.

Bukan menjadi sejuk, setiap kali Anda menyalakan Air Cooler justru aroma amis yang tercium di seluruh isi rumah. Aroma tersebut sungguh menyengat hingga membuat Anda merasa tidak betah tinggal di rumah sendiri. Anda pun tak mau ambil pusing dengan segera mematikan Air Cooler tersebut dan berjanji tidak akan menggunakannya lagi. Tapi sayang sekali kalau alat elektronik yang sudah Anda beli dengan harga mahal ini cuma menjadi pajangan.

air-cooler-bau-amis.jpg

PENYEBAB

Mari kita cari tahu penyebab utama mengapa Air Cooler milik Anda berbau amis. Setidaknya ada 5 faktor yang mungkin menjadi biang keroknya, yaitu :

  1. Pemakaian parfum yang memiliki kadar alkohol terlalu tinggi di sekitar ruangan akan membuat pH air di tangki Air Cooler menjadi asam.
  2. Asap rokok yang mencemari udara di ruangan akan terhisap oleh mesin Air Cooler. Asap ini lalu mengendap dan menimbulkan bau.
  3. Kondisi filter yang sudah terlalu kotor. Banyaknya kuman dan bakteri yang hidup di filter akan menimbulkan bau amis yang menyengat.
  4. Tidak adanya ventilasi udara di ruangan. Seharusnya tepat di belakang Air Cooler terdapat ventilasi udara sebagai tempat masuknya udara segar.
  5. Memang ada serangga yang mati di dalam Air Cooler. Binatang yang sering ditemukan biasanya kecoa, cicak, laron, semut, dan ngengat.

SOLUSI

Pada intinya, timbulnya bau amis disebabkan oleh kondisi Air Cooler yang kotor. Jadi solusi untuk mengatasinya cuma satu yaitu membersihkan produk elektronik tersebut secara menyeluruh. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan pembersih alami seperti jeruk nipis, lemon, cuka, baking soda, atau sitrun supaya aman. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan keringkan. Jangan lupa gantilah air di dalam tangki dan hindari menambahkan bahan apapun ke dalamnya. Ubah posisi penempatan Air Cooler di depan ventilasi udara.