Penyebab Api Kompor Gas Berwarna Merah dan Solusi Mengatasinya

Keberadaan kompor gas benar-benar memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Kita tidak perlu repot lagi kalau mau memasak bahan makanan. Tidak seperti memakai tungku ataupun kompor minyak tanah, kompor gas jauh lebih mudah digunakan. Anda cukup memutar tombol knopnya ke posisi on, maka api pun akan langsung menyala. Bahkan Anda juga bisa mengatur besar kecilnya nyala api dengan memutar knop ini. Tentunya hal ini sangat praktis dan mempermudah kehidupan kita saat memasak.

Kompor gas menggunakan bahan bakar berupa LPG (Liquid Petrolium Gas) yang dikemas dalam tabung khusus. Keunggulan dari bahan bakar ini yaitu mampu menghasilkan nyala api yang berwarna biru. Api berwarna biru menandakan kalau suhunya sangat panas. Api ini jauh lebih panas daripada api berwarna kuning atau merah. Dengan suhunya yang begitu panas, api biru ini sanggup memanaskan dan membuat matang suatu bahan makanan dalam waktu yang jauh lebih cepat. Anda pasti sangat terbantu.

penyebab-api-kompor-gas-merah.jpg

Namun seiring berjalannya waktu, kondisi kompor gas Anda akan mengalami perubahan. Nyala apinya pun secara perlahan-lahan tetapi pasti berubah menjadi berwarna kemerah-merahan. Api akan berubah menjadi merah saat kandungan oksigennya menurun, hidrogennya meningkat, dan ada partikel-partikel kotoran yang mengganggu nyala api tersebut. Api merah ini memiliki suhu yang lebih rendah daripada api biru, atau bahkan api kuning. Akibatnya Anda pun memerlukan waktu lebih lama untuk memasak.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyala api pada kompor gas menjadi berwarna merah. Di antaranya yaitu :

  • Kondisi bagian burner kompor gas begitu kotor sehingga nyala api pun terganggu
  • Bagian tungku kompor gas dipenuhi oleh tumpahan makanan atau sisa-sisa minyak
  • Kotornya bagian sprayer kompor gas yang merupakan saluran gas untuk mengalir
  • Peralatan masak seperti wajan atau panci yang digunakan kondisinya kotor

mengatasi-api-kompor-gas-merah.jpg

Kami mempunyai dua solusi untuk mengatasi nyala api kompor gas yang berwarna merah supaya menjadi berwarna biru kembali.

Solusi I : Bersihkan Burner (Tungku Api)

Ketika kompor gas Anda menyala dengan api yang berwarna merah, maka komponen utama yang wajib dicurigai menjadi penyebabnya yaitu burner. Burner ini merupakan tempat keluarnya api setelah dari sprayer. Burner dilengkapi dengan penutup yang membuat apinya dapat menyala dengan aman. Kalau api berubah menjadi berwarna merah, Anda perlu membersihkan burner kompor gas.

Cobalah lepaskan penutup burner ini, lalu rendam di air yang telah diberi sitrun atau cairan pembersih kloset. Rendamlah selama 8-10 jam sambil sesekali digosok memakai sikat sampai kotorannya hilang semua. Setelah Anda mengeringkannya, burner yang sudah bersih ini bisa dipasang lagi ke kompor gas. Lantas, cek dengan menyalakan kompor gas. Kini apinya sudah kembali berwarna biru.

Solusi II : Nyalakan Kompor Tanpa Burner

Jika Anda sudah mencoba membersihkan penutup burner sampai kondisinya menjadi bersih kembali namun tidak mampu mengembalikan warna api pada kompor tersebut karena nyala apinya masih berwarna merah. Cobalah Anda melepaskan kembali penutup burner tersebut. Lalu nyalakan kompor gas Anda beberapa saat tanpa dilengkapi penutup ini.

Gunanya adalah membersihkan saluran gas yang ada di dalamnya. Semua kotoran yang ada pasti bakal terbakar habis oleh api. Nyalakan api kompor gas ini selama beberapa waktu. Kalau dirasa sudah cukup, Anda dapat mematikan apinya. Sekarang pasang lagi burner kompor gas tersebut di tempatnya semula. Cobalah nyalakan kompor gas lagi. Seharusnya sekarang apinya sudah menjadi berwarna biru.