Penyebab dan Cara Mengatasi Kompor Gas Berbunyi Bluk Saat Dinyalakan

Saat ini kita sangat membutuhkan kompor gas untuk keperluan masak-memasak. Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan sangat tidak mungkin untuk memakai kompor minyak tanah, apalagi tungku kayu bakar. Kompor gas kini menjadi peranti yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Dengan adanya alat dapur yang satu ini, kita bisa memasak makanan dengan lebih mudah. Cukup putar knopnya ke posisi on, maka api pun langsung menyala.

Namun kadang-kadang kompor gas ini mengalami masalah. Misalnya yaitu munculnya suara bluk ketika Anda mencoba menyalakan apinya. Saat Anda memutar knop ke posisi on tiba-tiba terdengar suara bluk yang cukup keras sehingga membuat Anda kaget. Namun herannya api di kompor gas tersebut tetap menyala. Lebih kagetnya lagi ialah ketika Anda mencoba memutar knop ke posisi off untuk mematikan api, suara bluk tadi terdengar kembali. Anda pun pusing bukan main.

kompor-gas-berbunyi-bluk.jpg

Lantas, apa sih penyebab munculnya suara bluk dari kompor gas tersebut? Mari kita cari tahu bersama-sama yuk!

PENYEBAB

Perlu Anda ketahui, api kompor gas bisa menyala dengan sempurna asalkan tekanan gas pada bagian burner (lubang keluarnya api) benar-benar pas. Artinya tekanan gas di bagian ini tak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil. Nah, material dan konstruksi burner ini memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas nyala api pada kompor gas.

Tapi sayangnya struktur burner ini bisa memuai akibat terkena panas secara terus-menerus. Anda tentu sudah tahu kalau bahan logam yang terkena suhu panas pasti akan memuai, kan? Apabila pemuaian ini mencapai ambang batasnya, maka burner akan mengalami perubahan pada bentuk dan ukuran yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

SOLUSI

Untuk mengatasi kompor gas yang sering mengeluarkan suara bluk yang mengagetkan saat dinyalakan maupun dipadamkan, Anda hanya bisa memakai satu solusi saja. Apakah itu? Tidak lain yaitu mengganti burner yang sudah rusak dengan burner yang baru. Ingat, masalah ini sebenarnya disebabkan oleh burner yang telah berubah bentuk dan ukurannya akibat memuai. Burner yang sudah rusak ini memang tidak bisa diperbaiki lagi. Jadi mau tak mau Anda harus menggantinya.

Satu tips lagi bagi Anda yang hendak membeli burner kompor gas yang baru. Sebaiknya Anda bawa burner yang telah rusak tersebut saat membelinya di toko perabotan. Pasalnya Anda harus membeli burner baru yang memiliki spesifikasi yang sama persis dengan burner yang lama, terutama mengenai bentuk dan ukurannya. Silakan Anda bisa memperlihatkan burner yang rusak tersebut kepada penjual sebagai contoh. Sehingga nantinya si penjual bisa mencarikan burner baru yang sesuai.