Penyebab dan Cara Mengatasi Nasi di Magic Com Kering

Tidak seperti biasanya, beras yang Anda masak menggunakan magic com kini tiba-tiba berubah menjadi kering. Nasi yang dihasilkannya menjadi tidak enak dimakan karena teksturnya terasa keras dan kering. Seolah-olah nasi tersebut seperti nasi sisa kemarin yang tidak habis dimakan. Bahkan ketika Anda menambahkan kuah ke dalam piring berisi nasi tersebut pun tidak banyak membantu. Nasi masih terasa kering, keras, tidak lembut, dan minim kandungan air sehingga rasanya kurang nikmat.

Lantas, Anda pun berpikir sendiri kira-kira apa ya penyebab nasi Anda menjadi kering? Padahal hari-hari sebelumnya Anda menggunakan magic com tersebut, nasi yang dihasilkannya masih normal. Nasi memiliki tekstur yang pas, tidak terlalu lembek ataupun terlalu kering sehingga terasa sedap saat dimakan. Kenapa sekarang Anda memasak nasi memakai magic com yang sama tetapi hasilnya berbeda? Nasi tersebut menjadi sangat kering. Besar kemungkinan pasti salah satu komponen magic com Anda telah rusak.

penyebab-nasi-cepat-kering.jpg

Nasi di magic com cepat mengering sebab terjadi kesalahan pada saat proses penghangatan (warming). Seharusnya ketika proses warming sedang berlangsung, thermostat mampu menjaga suhu di dalam magic com tetap stabil di kisaran 70-80 derajat celsius supaya rasa nasi tetap sedap dimakan. Apabila suhunya terlalu rendah, nasi menjadi lembek dan cepat basi. Sedangkan jika suhu magic com tersebut terlalu tinggi, nasi pun mudah berubah menjadi kering dan warnanya kekuning-kuningan.

Thermostat pada dasarnya memiliki peranan sebagai sakelar untuk menjaga suhu magic com tetap stabil secara otomatis.  Ada dua jenis thermostat yang bisa digunakan pada magic com yakni thermostat panjang dan thermostat bundar. Prinsip kerja thermostat yaitu memutuskan tegangan listrik secara otomatis ketika suhunya sudah mencapai titik maksimal, kemudian thermostat akan mengalirkan tegangan listrik kembali jika suhunya sudah turun ke titik minimal. Dengan demikian suhu di magic com pun akan tetap stabil.

Apabila thermostat ini sudah mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan kalau suhu di dalam magic com tidak akan stabil. Suhu tersebut tidak bisa dijaga di kisaran yang sudah ditentukan. Pada saat suhu sudah mencapai titik maksimal, thermostat tidak akan memutuskan tegangan listrik secara otomatis. Elemen pemanas ini terus bekerja memanaskan panci yang berada di atasnya. Karena suhu di dalam magic com terlalu panas, akibatnya kandungan air di dalam nasi terus mengalami penguapan sehingga nasi pun berubah menjadi kering.

SOLUSI

Thermostat yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki. Mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan thermostat yang baru. Anda bisa membelinya di toko elektronik terdekat. Pilihlah thermostat yang sesuai dengan thermostat lama Anda dengan memperhatikan kode atau tulisan keterangan yang ada di salah satu sisinya. Misalnya thermostat dengan kode KSD301 atau KSD201. Belilah thermostat baru yang kodenya sama persis dengan thermostat lama Anda. Setelah itu, pasang t
hermostat tadi di tempatnya dengan benar.