Penyebab Kasur Busa Berbunyi saat Dipakai Tidur

Kasur busa menjadi salah satu pilihan kasur yang nyaman untuk tempat tidur Anda. Kasur ini memiliki tekstur yang empuk sekali. Empuknya kasur busa ini membuat kita merasa nyaman pada saat berada di atasnya. Berbeda dengan springbed yang begitu elastis namun terasa keras, kasur busa ini jauh lebih empuk. Sehingga masyarakat pun kini mulai beralih menggunakan kasur busa. Termasuk Anda sendiri yang membeli beberapa kasur busa karena tertarik memakainya.

Akan tetapi, suatu hari Anda bingung sendiri kasur busa yang Anda tiduri tiba-tiba mengeluarkan bunyi. Kasur busa tersebut berbunyi setiap kali dipakai tidur. Apalagi kalau Anda bergerak-gerak di atas kasur, maka bunyinya bakal terdengar semakin keras. Sebenarnya apa penyebab timbulnya suara yang sangat mengganggu tersebut? Kenapa kasur busa yang baru Anda beli mengeluarkan bunyi yang berisik sekali? Anda harus segera mengatasinya supaya bisa tidur nyenyak kembali.

penyebab-kasur-busa-berbunyi.jpg

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab munculnya bunyi berisik pada kasur busa Anda, di antaranya :

Kualitas Kasur Busa yang Rendah

Salah satu ciri-ciri kasur busa yang mempunyai kualitas rendah yaitu kasur tersebut sering mengeluarkan bunyi yang berisik. Setiap kali Anda tidur di atasnya lalu bergerak-gerak sedikit saja, kasur busa ini pasti bersuara. Tentu saja Anda pun menjadi terganggu dengan suara yang tidak mengenakkan tadi. Adapun bunyi berisik ini sendiri muncul karena busa penyusun kasur memiliki pori-pori yang cukup besar. Ketika pori-pori busa ini bergesakan, saat itulah terdengar suara yang berisik dan mengganggu telinga.

Kondisi Kasur Busa Terlalu Kotor

Kasur busa memang sangat nyaman dipakai untuk tidur. Sayangnya ukuran pori-pori di permukaannya yang cukup besar membuat kasur ini gampang sekali kotor. Partikel-partikel debu yang beterbangan lalu hingga di atas kasur pasti akan menempel. Sedikit demi sedikit, jumlah partikel kotoran ini semakin lama akan semakin banyak. Kalau dibiarkan saja, partikel-partikel kotoran ini akan menimbulkan bunyi berisik yang sangat mengganggu kenyamanan. Apalagi jika kotorannya sudah menumpuk cukup banyak, suara berisik yang timbul akan semakin keras.

Penempatan yang Terlalu Rapat

Timbulnya suara berisik pada kasur busa pun dapat disebabkan oleh masalah yang sepele. Apakah itu? Misalnya yaitu Anda menggunakan tempat tidur, dipan, atau ranjang yang ukurannya terlalu kecil. Hal ini mengakibatkan pemasangan kasur busa di atas tempat tidur tersebut menjadi terlalu rapat. Bahkan ada pula bagian yang menekuk.

Kondisi ini biasanya akan menyebabkan timbulnya suara berisik ketika Anda bergerak-gerak di atas kasur tersebut. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti tempat tidur dengan ukuran yang lebih lebar supaya kasur busa Anda bisa dipasang dengan benar. Selain itu, Anda juga bisa memotong kasur busa tersebut agar ukurannya menjadi pas sesuai ukuran tempat tidur.