Penyebab Kompor Gas Tiba-tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Sehari-hari Anda perlu memasak makanan untuk mencukupi kebutuhan pangan. Untungnya kini sudah ada kompor gas yang membuat proses memasak menjadi jauh lebih mudah, terutama untuk membuat api yang akan menjadi peranti untuk memanaskan bahan makanan tersebut sampai matang. Akan tetapi kompor gas kadang-kadang mengalami masalah yang membuat kita tak bisa menggunakannya. Misalnya yaitu api pada kompor gas tersebut tiba-tiba mati sendiri.

penyebab-kompor-gas-mati.jpg

Anda tentu merasa bingung sendiri dengan kejadian yang aneh tersebut. Entah kenapa api yang semula bisa menyala dengan baik tiba-tiba menjadi mati dengan sendirinya. Apakah jangan-jangan sebenarnya ada hantu atau setan di dapur rumah Anda? Wah, menyeramkan sekali ya! Tapi Anda jangan takut dulu sebab kenyataannya kasus api kompor gas yang tiba-tiba mati sendiri ini bukan disebabkan ada tidaknya hantu/setan. Kemungkinan besar ada masalah pada kompor gas tersebut.

Di bawah ini faktor-faktor yang bisa menyebabkan api pada kompor gas tiba-tiba mati sendiri beserta solusi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya!

Gas di Tabung sudah Habis

Biasanya sih kompor gas yang sebelumnya menyala tapi kemudian mati sendiri disebabkan oleh gasnya yang sudah habis. Bagaimana bisa kompor tersebut tetap menyala kalau sudah tidak ada sumber bahan bakarnya? Sehingga wajar sekali apabila kompor tadi tiba-tiba mati sendiri. Solusinya cuma satu yaitu Anda hanya perlu mengganti tabung gas tersebut dengan yang baru. Biasanya sih tabung gas 3 kg dapat bertahan selama seminggu. Sedangkan tabung gas 12 kg mampu bertahan sampai sebulan.

kompor-gas-mati-sendiri.jpg

Regulator yang Bermasalah

Masalah yang menimpa regulator dapat menyebabkan aliran gas tidak lancar. Seharusnya gas mengalir dari tabung gas, regulator, selang, hingga bermuara di kompor gas. Tapi jika aliran gas di regulatornya tidak lancar, gas pun tidak akan pernah sampai ke kompor gas. Kasus ini biasanya terjadi lantaran bola-bola gotri yang ada di dalamnya menghambat lubang ventilator gas. Anda dapat mencoba mengetuk bagian atas regulator ini beberapa kali untuk membetulkan posisi gotri tersebut.

Karet Seal Tabung Rusak

Masalah api pada kompor gas yang tiba-tiba mati sendiri juga dapat ditimbulkan oleh kondisi karet seal pada tabung gas yang jelek. Mungkin saja karet tini terlalu tipis atau bahkan sudah rusak sebelumnya. Awalnya sih Anda masih bisa menggunakan tabung gas tersebut dengan normal. Namun tiba-tiba saja kompor berhenti menyala karena gas dari tabung tidak mengalir lagi. Kasus ini biasanya juga disertai oleh suara desisan dari tabung. Penyebabnya tidak lain karena karet seal di tabung yang sudah rusak. Anda segera melepaskan regulator dari tabung tersebut, lalu gantilah karet sealnya.

cara-mengatasi-kompor-gas-mati.jpg

Kebocoran Pada Selang

Kebocoran yang menimpa selang membuat aliran gas tidak bisa sampai dengan optimal ke kompor. Gas tersebut mungkin hanya mengalir sebagian saja, atau bahkan tidak dapat sampai ke kompor sama sekali. Lebih dari itu, kebocoran yang menimpa selang ini sangat berbahaya karena dapat memicu ledakan dari gas yang memenuhi seisi dapur Anda. Kalau Anda mencium bau gas menyengat di dapur, segeralah cari sumber bau tersebut. JIka bau gas ini berasal dari selang, Anda mesti segera mengganti selang tersebut dengan selang baru.