Penyebab Nasi di Magic Com Cepat Basi

Apakah penyebab nasi di magic com cepat basi? Anda tentu merasa senang sekali karena akhirnya berhasil membeli magic com yang diidam-idamkan selama ini. Magic com tersebut akan mempermudah Anda saat memasak nasi dan menghangatkannya. Anda tidak perlu repot-repot memakai tungku atau kompor gas lagi. Cukup colokkan saja perangkat ini ke listrik, maka beras di dalamnya pun bisa matang sendiri. Namun kalau sudah bermasalah, nasi di magic com tiba-tiba akan menjadi basi dengan sendirinya loh.

Nasi yang cepat basi merupakan masalah yang kerap menimpa pengguna magic com. Kendala ini bisa disebabkan oleh perangkat yang rusak, beras yang kurang berkualitas, atau kesalahan Anda sendiri. Misalnya saat Anda tergesa-gesa mencuci panci hingga akhirnya sisa nasi yang lama masih banyak menempel. Kondisi panci yang kurang bersih semacam ini akan mempercepat nasi menjadi basi. Penyebab lainnya yaitu beras yang tidak dicuci dengan bersih atau adanya kerusakan pada magic com.

penyebab-nasi-cepat-basi.jpg

Faktor-faktor penyebab di atas lebih disebabkan oleh keteledoran pengguna sehingga kami yakin Anda masih bisa mengatasinya dengan mudah. Namun basinya nasi di magic com dalam waktu yang cepat juga dapat disebabkan oleh perangkat yang bermasalah. Mari kita lakukan analisis beberapa kerusakan yang bisa terjadi pada magic com.

Kerusakan Pada Elemen Bawah

Elemen bawah pada magic com berguna untuk memanaskan panci dalam upaya untuk menanak nasi di dalamnya. Bisa dibilang ini merupakan elemen utama yang berperan penting dalam proses kinerja magic com. Jika komponen ini sampai rusak, maka secara otomatis magic com sama sekali tidak berguna. Jangankan memanaskan, mau menghangatkan nasi saja sudah tidak mungkin. Jadi kesimpulannya adalah nasi yang basi tidak disebabkan oleh elemen yang rusak.

Kerusakan Pada Elemen Samping

Magic com mempunyai elemen samping yang berperan sebagai penghangat. Fungsi utama elemen ini untuk menjaga nasi yang telah matang di magic com supaya tetap hangat. Apabila elemen samping ini mengalami kerusakan, nasi tidak bisa terjaga kehangatannya. Akibatnya adalah nasi pun menjadi cepat basi. Ciri-ciri elemen samping yang telah rusak yaitu magic com tidak mampu menghangatkan nasi. Saat elemen ini disentuh dengan tangan pun tidak akan terasa panas atau hangat.

Kerusakan Pada Elemen Atas

Posisi elemen atas magic com ini berada di bagian penutup. Jika dibandingkan elemen bawah atau elemen samping, elemen atas ini justru yang lebih rentan mengalami kerusakan. Tanda kalau elemen atas pada magic com sudah rusak yaitu kondisinya tidak terasa panas/hangat ketika disentuh memakai tangan. Kerusakannya sering kali disebabkan oleh kabel penghubung yang terputus atau elemen ini sendiri yang telah rusak. Kerusakan pada elemen atas juga dapat menyebabkan nasi yang Anda masak menjadi cepat basi.