Penyebab Setrika Tidak Panas dan Cara Mengatasinya

Kita membutuhkan setrika untuk merapikan pakaian. Jika pakaian dilipat begitu saja, hasilnya tak akan rapi dan licin. Berbeda kasusnya dengan melipat pakaian menggunakan setrika, maka hasilnya akan licin seperti pakaian baru. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mempunyai setrika di rumah. Bagaimana pun penampilan kita akan mempengaruhi kesan pertama yang ditampilkan. Kita juga akan merasa lebih percaya diri apabila mengenakan pakaian yang rapi.meterasdsada

Namun seiring dengan berjalannya waktu, performa setrika akan menurun. Hal ini biasanya ditandai dari setrika tersebut yang sudah tidak panas lagi. Akibatnya tentu saja pakaian yang sedang Anda setrika tidak bisa menjadi licin. Sekeras apapun Anda mencobanya berkali-kali, masih ada saja bagian yang terlipat dari pakaian tersebut. Mau tidak mau Anda harus segera memperbaikinya supaya dapat menyetrika pakaian dengan normal lagi.

penyebab-setrika-tidak-panas.jpg

Setidaknya terdapat 3 penyebab utama mengapa setrika menjadi tidak panas, yaitu :

  1. Kabel power setrika tersebut telah terputus. Bagian yang terputus biasanya terletak di bagian ujung atau pangkal kabel ini. Tapi bisa juga bagian tengah kabel yang terputus karena sering tertekuk.
  2. Listrik yang tidak mengalir sampai ke bagian mesin. Kondisi ini dapat disebabkan oleh pemadaman bergilir dari PLN atau adanya kerusakan pada sekering. Penyebab lainnya yaitu ada kerusakan di bagian mesin.
  3. Komponen elektronika yang berfungsi sebagai pengatur suhu pada setrika tersebut sudah rusak. Akibatnya setrika pun tidak mampu menghasilkan suhu panas sesuai apa yang kita kehendaki.

Anda wajib memeriksa ketiga kemungkinan faktor penyebab tidak panasnya setrika di atas, satu demi satu. Setelah itu segera lakukan upaya perbaikan sesuai dengan penyebab utamanya.

  • Periksa Listrik di Rumah

Anda bisa memulainya dari masalah yang paling sederhana. Mungkin saja listrik di rumah Anda sedang padam. Coba Anda periksa di meteran listrik. Kemudian cobalah nyalakan lampu atau televisi. Jika perangkat listrik ini bisa menyala artinya tidak ada masalah dari sumber listrik. Lantas Anda bisa mencoba mengecek kondisi stop kontak yang dipakai untuk memasang kabel power setrika. Pastikan kondisinya masih bagus.

  • Cek Kabel Power Setrika

Intinya adalah setrika membutuhkan listrik sebagai energinya. Jadi setrika tersebut harus mendapatkan listrik agar dapat bekerja. Jika aliran listrik dari meteran sampai ke stop kontak tidak bermasalah, maka cobalah cek kondisi kabel power setrika. Mungkin saja kabel power ini sudah terputus. Biasanya bagian yang terputus terletak di ujung atau pangkalnya. Lanjutkan dengan memeriksa bagian tengah kabel.

  • Tes Komponen dengan AVO meter

Di dalam setrika terdapat komponen-komponen elektronik yang membentuk suatu mesin. Semua komponen ini saling bekerja sama antara satu dengan komponen lain. Semuanya harus berfungsi normal. Jika tidak, maka keseluruhan rangkaian akan mati. Tidak panasnya setrika bisa jadi dikarenakan adanya salah satu komponen yang sudah mati. Anda harus mengecek komponen ini satu per satu untuk mengetahuinya.

  • Pastikan Pengatur Suhu masih Normal

Setrika merupakan perangkat elektronik yang bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas. Alat ini juga dilengkapi dengan komponen khusus yang berguna untuk mengatur suhu. Dengan komponen ini, maka Anda bisa mengatur suhu panas pada setrika tersebut secara mudah. Sayangnya jika komponen ini mengalami rusak, kinerja setrika pun menjadi tidak normal.

  • Periksa Kondisi Bimetal

Bimetal merupakan logam utama yang melengkapi setrika. Logam ini tidak terletak di bagian dasar setrika dan menjadi bahan yang akan dipanaskan oleh mesin. Bimetal umumnya terbuat dari logam khusus yang bersifat anti-karat. Tapi bukan berarti logam ini tidak bisa mengalami kerusakan ya. Bimetal yang sudah rusak tidak bisa dipanaskan lagi oleh mesin. Anda harus menggantinya.