Penyebab Sofa dan Kasur Gatal serta Cara Mengatasinya

Rumah perlu dilengkapi dengan furniture untuk mendukung kenyamanan para penghuninya. Misalnya saja sofa untuk tempat duduk serta kasur sebagai tempat tidur. Dengan adanya alat perabotan rumah tangga ini, rumah tinggal Anda menjadi lebih nyaman dihuni. Tugas Anda yang selanjutnya yaitu merawat perabotan-perabotan tersebut dengan membersihkannya secara rutin. Bagaimana pun Anda harus memastikan kondisi perabotan ini senantiasa bersih.

Salah satu ciri-ciri perabotan yang kotor yaitu Anda akan merasakan gatal pada saat berada di sekitarnya.  Contohnya ketika Anda duduk di sofa atau tidur di kasur, kemudian tubuh Anda tiba-tiba merasa gatal. Kemungkinan besarnya adalah kondisi sofa atau kasur tersebut kotor. Timbulnya perasaan gatal ini disebabkan oleh aktivitas kuman dan bakteri yang menyerang lapisan kulit Anda sehingga menimbulkan alergi. Penyebab lainnya yakni tungau debu.

penyebab-sofa-kasur-gatal.jpg

Penampakan Tungau Debu Dilihat Memakai Mikroskop

Tungau debu sering disebut pula kutu debu. Sesuai namanya, tungau debu ini mempunyai ukuran yang kecil sekali seperti debu. Bahkan ukurannya jauh lebih kecil lagi. Saking kecilnya ukuran tungau tersebut, Anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang. Dibutuhkan alat bantu penglihatan seperti mikroskop untuk bisa melihat penampakan dari tungau ini. Terdapat ribuan sampai jutaan ekor tungau debu di sofa dan kasur yang jarang dibersihkan.

Anda harus menaruh sikap waspada terhadap populasi tungau debu di sofa atau kasur. Tungau ini sebenarnya tidak menggigit kulit atau menghisap darah kita. Lalu mengapa tungau tersebut berbahaya? Tidak lain karena kotorannya yang begitu banyak. Faktanya seekor tungau debu mampu mengeluarkan lebih dari 20 kotoran per hari. Kotoran inilah yang menjadi penyebab utama timbulnya alergi pada tubuh. Selain gatal-gatal di kulit, Anda juga bisa terkena pilek.

cara-mengatasi-sofa-gatal.jpg

CARA MENGATASI

Setelah Anda mengetahui penyebab utama mengapa Anda selalu merasa gatal saat duduk di sofa atau tidur di kasur yang tidak lain disebabkan oleh tungau debu, kini Anda harus menjaga kondisi perabotan-perabotan tersebut.

Bersihkan Perabotan Setiap Hari

Anda harus menjaga kebersihan perabotan di rumah agar bebas dari tungau debu. Bersihkan lah perabotan-perabotan ini sesering mungkin. Anda bisa membersihkan debu dan kotoran yang ada di perabotan menggunakan kemonceng terlebih dahulu. Usapkan kemonceng ini ke seluruh permukaan sofa dan kasur secara merata. Setelah itu, bersihkan furniture sekali lagi memakai kain lap yang basah. Usaplah permukaannya menggunakan kain lap dengan agak menekan sehingga semua debu yang ada akan terangkat dan menempel di kain ini.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Orang tua pada zaman dahulu sering mengajarkan kita untuk rutin menjemur kasur di tempat yang terbuka agar terkena sinar matahari secara langsung. Sebenarnya cara ini memang dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kebersihan kasur. Kasur Anda akan bebas dari tungau atau kutu debu apabila rutin dijemur. Walaupun Anda kini sudah menggunakan kasur yang berjenis spring bed, bukan kasur kapuk lagi, namun Anda tetap harus rutin menjemurnya. Disarankan untuk menepuk kasur beberapa kali saat dijemur supaya kotorannya hilang semua.

Ganti Cover Secara Berkala

Seiring berjalannya waktu, kondisi sofa, kasur, dan perabotan lainnya pasti akan kotor. Debu-debu yang beterbangan mulai menumpuk di perabotan ini satu per satu hingga akhirnya bertambah banyak. Khusus untuk sofa dan kasur, perabotan ini umumnya dibungkus menggunakan cover sebagai pelindung maupun penghias. Tumpukan partikel-partikel debu yang semakin banyak mengakibatkan kondisi sofa dan kasur menjadi kotor. Anda harus melepaskan cover yang sudah kotor tadi, lalu mencucinya. Untuk sementara waktu, gantilah dengan cover lain yang bersih.