Perbedaan Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com

Apakah rice cooker, magic jar, dan magic com itu berbeda? Iya jawabannya. Ketiga perangkat elektronik tersebut memang berbeda satu sama lain. Mayoritas penduduk Indonesia memang memilih makanan pokok berupa nasi. Sayangnya nasi yang terbuat dari beras yang direbus lalu dikukus ini memiliki proses pengolahan yang cukup rumit dengan waktu yang lama. Oleh sebab itu, tidak sedikit masyarakat yang beralih menggunakan peralatan elektrik guna membantunya memasak nasi.

Rice cooker, magic jar, dan magic com merupakan alat elektronik yang bisa diandalkan oleh Anda untuk membuat nasi. Walaupun ketiga jenis produk ini mempunyai bentuk yang sangat mirip, namun perlu Anda ketahui bahwa rice cooker, magic jar, serta magic com tidaklah sama. Perbedaan utamanya terletak pada fungsi atau kegunaan perangkat tersebut. Ada perangkat yang hanya bisa dipakai untuk memasak nasi. Ada perangkat yang hanya dapat digunakan untuk menghangatkan nasi. Namun ada pula perangkat yang bisa melakukan fungsi keduanya ditambah memasak bahan makanan yang lain.

perbedaan-rice-cooker.jpg

Rice Cooker

Rice cooker adalah perangkat elektronik yang hanya bisa digunakan untuk memasak atau menanak beras menjadi nasi. Ini merupakan produk yang pertama kali diciptakan sebelum ditemukannya magic jar atau magic com. Sebagai produk penanak nasi, rice cooker tidak mampu menghangatkan nasi atau memasak lauk-pauk. Rice cooker juga dilengkapi dengan panci yang tidak anti-lengket sebab produk ini sudah dibuat terlebih dahulu sebelum adanya teflon.

Magic Jar

Magic jar adalah perangkat elektronik yang hanya dapat dipakai untuk menghangatkan nasi. Jadi Anda tidak bisa memasak atau menanak nasi menggunakan magic jar. Anda juga tidak bisa memasak lauk-pauk seperti mengukus, menggoreng, atau merebus dengan memakai magic jar. Magic jar membutuhkan energi listrik yang rendah selama bekerja karena hanya dipakai untuk menghangatkan makanan. Tingkat konsumsi listriknya pun jauh lebih hemat daripada rice cooker atau magic com.

Magic Com

Magic com adalah perangkat elektronik yang bisa diandalkan untuk memasak berbagai olahan makanan. Mulai dari menanak nasi, membuat bubur, mengukus kue, sampai menghangat masakan pun sanggup dilaksanakan oleh perangkat yang satu ini. Magic com memang sudah sejak awal diciptakan untuk memudahkan masyarakat agar bisa memasak menggunakan bahan bakar listrik. Namun kenyataannya fungsi magic com yang paling dominan adalah menanak nasi dan menghangatkannya.

KESIMPULAN

Dari uraian singkat di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa perbedaan antara rice cooker, magic jar, dan magic com antara lain :

  1. Rice cooker berfungsi untuk menanak nasi saja.
  2. Magic jar berfungsi untuk menghangatkan nasi saja.
  3. Magic com berfungsi untuk memasak berbagai olahan makanan, termasuk menanak nasi dan menghangatkannya.