Petunjuk Cara Membersihkan Air Cooler

Akhirnya Anda berhasil membeli produk Air Cooler yang telah diidam-idamkan selama ini. Bukan tanpa alasan mengapa Anda lebih memilihnya dibandingkan dengan AC (Air Conditioner). Sebab air cooler ini mampu membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk seperti halnya AC, tetapi konsumsi listriknya tidak terlalu banyak. Bahkan kalau dihitung-hitung, energi listrik yang diperlukan oleh Air Cooler mirip seperti kipas angin.

Air Cooler yang Anda miliki sebaiknya dirawat dengan baik supaya masa pemakaiannya lama dan tentunya tidak cepat rusak. Yang paling mudah yaitu Anda harus membersihkannya secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada. Selain dapat memperburuk penampilannya, kinerja Air Cooler pun bisa terganggu. Tentunya kotoran tersebut juga dapat memberi dampak negatif kepada Anda sekeluarga.

cara-membersihkan-air-cooler.jpg

Namun proses membersihkan Air Cooler tidak semudah yang Anda kira. Anda mungkin harus membongkar alat elektronik ini terlebih dahulu supaya bisa membersihkan beberapa bagian yang penting di dalamnya. Sayangnya beberapa pabrikan memberlakukan kebijakan yaitu garansi akan hangus apabila produk Air Cooler pernah dibongkar. Oleh sebab itu, Anda perlu membaca buku garansi terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukannya.

Alat dan Bahan :

  • Obeng plus
  • Kain microfiber
  • Kain lap
  • Air hangat
  • Air dingin
  • Jeruk nipis

Langkah-langkah :

  1. Bongkarlah produk Air Cooler terlebih dahulu. Caranya yaitu lepaskan semua sekrup yang terpasang di bagian belakang cover menggunakan obeng. Kemudian lepaskan covernya dengan hati-hati. Di sini Anda mungkin harus melepaskan beberapa sekrup sekaligus.
  2. Lepaskan semua komponen Air Cooler yang bisa dilepaskan supaya Anda lebih mudah dalam membersihkannya nanti. Anda perlu melepaskan filter udara, filter air, dan pompa air. Kerjakan proses ini secara cermat dan usahakan tidak memaksa melepas komponen yang sulit dibuka.
  3. Agar lebih mudah merangkai komponen-komponen penyusun Air Cooler seperti semula, kami sarankan Anda merekam video proses pembongkaran ini. Sehingga nanti saat hendak memasangnya kembali, Anda bisa langsung mengetahui posisi setiap komponen.
  4. Siapkan seember air bersih. Masukkan air sari dari perasan jeruk nipis sebagai bahan pembersih alami dan pemberi aroma segar. Bersihkan setiap komponen Air Cooler satu per satu hingga bersih. Setelah itu, usap menggunakan kain lap yang kering. Untuk mengatasi noda yang membandel, Anda bisa memakai air hangat.
  5. Setelah semua komponen Air Cooler sudah bersih, Anda bisa mengangin-anginkannya sejenak hingga kondisinya kering sempurna. Barulah kemudian Anda bisa memasang kembali komponen-komponen tersebut satu per satu. Jika Anda bingung dalam merangkainya, Anda masih bisa melihat video hasil rekaman tadi.