Petunjuk Cara Menggunakan Vacuum Cleaner

Bagaimana cara menggunakan vacuum cleaner? Pertanyaan inilah yang terlintas di benak Anda pertama kali jika belum pernah mengoperasikannya. Vacuum cleaner adalah alat untuk membersihkan lingkungan dari partikel-partikel debu dan kotoran. Alat ini bekerja dengan menghisap atau menyedot debu-debu tersebut, lalu memasukkannya ke tabung. Jika dibandingkan dengan sapu, vacuum cleaner lebih efektif dalam membersihkan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu Anda sebaiknya memiliki sebuah vacuum cleaner di rumah. Dengan adanya alat elektronik yang satu ini, Anda bisa membersihkan seluruh ruangan di dalam rumah dengan lebih mudah. Anda cukup mengarahkan bagian moncong alat ini ke lingkungan yang kotor. Maka secara otomatis debu dan kotoran yang menempel di permukaan benda pun akan terhisap oleh vacuum cleaner. Hasilnya adalah rumah senantiasa bersih bebas dari debu dan kotoran.

cara-menggunakan-vacuum-cleaner.jpg

Sebenarnya tidak terlalu sulit kok untuk menggunakan vacuum cleaner. Berikut ini langkah-langkah panduannya!

  1. Sambungkan kabel power vacuum cleaner ke stop kontak listrik di rumah tinggal Anda. Pastikan lampu indikatornya menyala.
  2. Tekan tombol on untuk menghidupkan vacuum cleaner. Tombol ini biasanya berada di bagian atas pegangan tangan.
  3. Gerakkan vacuum cleaner ke ruangan yang kotor dengan menarik atau mendorongnya. Kemudian arahkan bagian moncongnya ke area yang berdebu.
  4. Biarkan vacuum cleaner menghisap debu yang menempel di permukaan. Kerjakan hal ini untuk menyedot debu yang ada di area lainnya seperti kursi, meja, lemari, dan rak dinding.
  5. Periksa apakah kondisi ruangan sudah cukup bersih atau belum. Jika sudah selesai, Anda bisa menekan tombol off untuk mematikan vacuum cleaner.

Biasakanlah setelah selesai membersihkan ruangan, Anda harus membersihkan pula vacuum cleaner itu sendiri. Caranya bukalah tutup vacuum cleaner dengan menekan tombol open. Kemudian keluarkan tabung yang menjadi tempat penyimpanan debu. Buanglah debu tersebut di tempat sampah. Selanjutnya cucilah tabung dengan air bersih dan keringkan memakai kain lap. Setelah itu, Anda bisa memasang kembali tabung tersebut ke tempatnya semula.

Nah, ternyata mudah sekali bukan untuk mengoperasikan perangkat vacuum cleaner ini. Jadi selamat mencoba sendiri di rumah ya!