Solusi agar Blender Tidak Bocor atau Rembes Lagi

Ada banyak pengguna blender yang mengeluh perangkatnya bocor. Kebocoran pada blender ini sangat dirasakan terutama saat kita hendak menuangkan bahan-bahan yang telah diproses memakai blender. Awalnya sih blender tersebut sama sekali tidak bocor. Tetapi ketika kita mau menuangkan hasil blenderannya, air mengalir keluar di bagian pangkal gelas blender. Blender tersebut bocor sehingga membuat hasilnya rembes dan keluar ke mana-mana.

Anda pun terganggu dengan kebocoran ini. Anda menjadi trauma saat ingin menggunakan blender lagi. Kebocoran pada blender tersebut benar-benar sangat mengganggu Anda. Anda merasa marah sendiri karena setiap kali hendak menuangkan hasil dari proses blender, cairan selalu merembes keluar. Kira-kira apa sih penyebab dari masalah ini? Lantas bagaimana pula cara memperbaikinya supaya blender tidak bocor atau rembes lagi?

agar-blender-tidak-bocor.jpg

PENYEBAB

Tidak sedikit pengguna yang mengaku blendernya bocor yaitu cairan bisa keluar melalui bagian dasar gelas atau bagian bawah pisau. Ternyata penyebabnya sangat sepele. Tidak lain adalah adanya celah-celah kecil yang terbentuk di bagian tersebut akibat kondisinya sudah aus atau longgar. Kondisi batang pisau memang masih terlihat bagus, begitu pula dengan kondisi gelas blender yang masih baik-baik saja. Namun ternyata ada celah kecil di bagian bawah karetnya.

Jika Anda mengamati dengan baik, Anda akan menemukan semacam lapisan karet di bagian dasar gelas blender. Karet ini merupakan seal yang berfungsi untuk menutupi celah-celah kecil yang mungkin terbentuk di antara sambungan gelas kaca dan pisau dengan komponen bagian bawahnya. Seiring berjalannya waktu, kondisi karet ini akan mengendur dan longgar. Hal ini mengakibatkan cairan di dalam blender bisa keluar melalui celah-celah tersebut.

SOLUSI

Lantas bagaimana solusi yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah ini? Berikut ini beberapa kiat-kiat untuk memperbaiki masalah blender yang bocor!

  1. Coba lepaskan gelas blender dari dudukannya. Cucilah blender tersebut sampai bersih. Kemudian pasang kembali. Pastikan blender sudah terpasang dengan rapat.
  2. Perhatikan kondisi gelas blender pada bagian kaca/mika Kebocoran umumnya terjadi karena kaca/mika gelas tersebut sudah pecah. Anda harus menggantinya.
  3. Kasus kebocoran blender paling sering disebabkan oleh kondisi seal karet yang sudah kendur. Kami sarankan Anda untuk mengganti seal karet ini.
  4. Anda juga bisa menggunakan gelas yang lebih besar atau dudukan yang lebih kecil supaya gelas blender tersebut bisa terpasang dengan rapat pada dudukannya.
  5. Coba pasanglah seal karet tambahan pada dudukan gelas blender. Tujuannya untuk menutupi celah-celah kecil yang mungkin masih timbul.