Solusi Efektif Mengatasi Kasur Bau Apek

Setelah seharian beraktivitas di luar, akhirnya tiba juga waktunya bagi Anda untuk beristirahat. Tidur di kasur yang empuk tentu akan menghilangkan rasa penat yang muncul setelah lelah bekerja seharian penuh. Anda pun bersiap untuk berbaring di kasur. Namun setelah beberapa saat berada di sana, Anda seperti mencium bau apek. Semakin lama, bau ini tercium semakin menyengat. Dari manakah datangnya bau tak sedap tersebut?

Anda pun lantas berusaha mencari sumber bau tak sedap ini. Anda bergerak kesana kemari untuk menemukan keberadaan asal bau tersebut. Namun hasilnya nihil. Tak ada yang ganjil pada ruangan. Kamar tidur Anda nampak bersih dan rapi. Tidak ada kotoran di dalamnya. Akan tetapi setelah Anda menciumnya lebih jeli lagi, diketahui bahwa sumber bau apek ini ternyata dari kasur. Meski sudah rapi, kasur tersebut mengeluarkan bau tak sedap.

Kasur yang berbau apek menandakan kalau kondisinya sangat kotor. Terdapat banyak kuman dan bakteri di sana. Kasur tersebut telah menjadi sarang mikroorganisme. Bahkan cendawan dan jamur pun tumbuh subur di kasur ini. Anda tidak boleh membiarkan masalah ini berlarut-larut. Kasur yang berbau apek harus segera diatasi. Tidak hanya mengganggu kenyamanan saat tidur, tetapi kasur tersebut juga membahayakan kesehatan Anda.

Sebenarnya masalah ini dapat diatas dengan mudah. Caranya menjemur kasur di bawah sinar matahari secara rutin, paling tidak sebulan sekali. Sinar mentari ini sangat efektif menjaga  kondisi kasur supaya tetap bersih serta bebas dari mikroorganisme. Tetapi kasur sekarang memiliki ukuran yang sangat besar, terutama untuk ukuran king dan queen. Anda pun kesulitan membawa kasur ini keluar rumah untuk menjemurnya di bawah sinar matahari.

kamar-tidak-bau-apek.jpg

Guna menghilangkan bau apek pada kasur, Anda dapat memanfaatkan baking soda sebagai bahan pembersih kasur tersebut. Ternyata baking soda ampuh loh dipakai untuk mengusir di kasur. Untuk panduan selengkapnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

Langkah 1. Bersihkan Memakai Vacuum Cleaner

Anda membutuhkan sebuah vacuum cleaner untuk membersihkan kasur. Daripada memakai sapu kasur, vacuum cleaner ini lebih efektif dalam menghilangkan partikel-partikel debu yang ada di kasur. Vacuum cleaner akan menyedot semua debu yang terdapat di atas kasur dengan cepat. Anda hanya perlu mengarahkan bagian moncongnya menyusuri setiap bagian kasur secara merata. Sebelumnya Anda lepaskan sprei dari atas kasur. Lalu arahkan moncong alat ini mulai dari kasur bagian atas sedikit demi sedikit sampai ke bagain bawah.

Langkah 2. Taburkan Baking Soda ke Atas Kasur

Meskipun sudah dibersihkan, tetapi kasur yang sudah terlanjur kotor tersebut masih tetap berbau apek. Untuk melenyapkan bau ini, Anda membutuhkan bahan pembersih khusus. Kalau mau memakai bahan yang alami, gunakan saja baking soda. Bahan pengembang adonan kue ini ternyata sangat efektif loh digunakan untuk menghilangkan bau apek. Bukan hanya di kasur saja, baking soda juga ampuh mengusir bau tak sedap di kulkas. Anda hanya perlu menaburkan bubuk baking soda di atas kasur, lalu biarkan selama 30-45 menit.

Langkah 3. Bersihkan Lagi dengan Vacuum Cleaner

Biasanya kasur yang telah ditaburi baking soda tidak berbau apek lagi. Aroma kasur tersebut kembali normal. Tidak ada bau tak sedap menusuk hidung yang tercium oleh Anda. Bau yang tersisa hanya aroma kasur kapuk atau springbed dengan wangi dari sprei dan selimut. Namun Anda masih harus membersihkan kasur tersebut sekali lagi untuk menghilangkan serbuk baking soda yang ada di atasnya. Gunakan vacuum cleaner yang bersih untuk menyedot baking soda tersebut. Hisaplah semua bubuk baking soda yang ada sampai bersih.