Solusi Jitu Mengatasi Pompa Air yang Masuk Angin

Jaman sekarang segala sesuatu dapat dilakukan dengan lebih mudah. Termasuk dalam urusan memenuhi kebutuhan air pun Anda tidak perlu repot-repot mengangsu dari sungai yang jauh atau menimba air dari sumur. Sebab kini sudah ada pompa air yang dapat membantu Anda mengambil air. Pompa air bekerja dengan menyedot atau menghisap air tanah yang berada jauh di dalam tanah sehingga naik ke permukaan, dan bisa Anda gunakan.

Itu sebabnya pompa air merupakan alat yang begitu penting untuk dimiliki. Setiap rumah harus mempunyai pompa air. Alat ini benar-benar bisa berfungsi dengan baik serta membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan air di rumah. Daripada repot mengambil air, gunakan saja pompa air ini. Cuma pompa air bukanlah alat yang bebas dari masalah. Kenyataannya alat ini pun bisa mengalami masuk angin yang membuatnya tidak mampu menyedot air tanah.

Bukan sekadar istilah belaka, faktanya pompa air memang bisa terkena masuk angin. Peristiwa ini terjadi lantaran adanya udara yang memasuki sistem instalasi saluran pipa air tersebut. Hal ini mengakibatkan pompa air tidak sanggup menyedot air dari dalam tanah karena udara yang telah dihisapnya bakal terus mengalir keluar. Oleh sebab itu, Anda harus segera memperbaiki masalah ini supaya pompa air tersebut dapat digunakan secara normal kembali.

pompa-air-masuk-angin.jpg

PENYEBAB

Satu-satunya faktor yang menyebabkan pompa air mengalami masuk angin yaitu kebocoran yang terjadi di dalam saluran instalasinya. Sistem pipa air yang menghubungkan antara pompa air tersebut dengan sumber air hingga ke bagian tandon penampungan air ada yang bocor. Ukuran kebocoran ini berbeda-beda. Tidak selamanya berukuran besar, kasus yang banyak terjadi justru ukuran kebocoran ini kecil sekali.

Titik-titik kebocoran ini biasanya terjadi pada sambungan-sambungan pipa paralon, baik itu sambungan antar-pipa. sambungan antara pipa dan pompa air, maupun sambungan antara pipa dengan tandon air. Lubang tersebut menyebabkan udara memasuki saluran pipa dan mengganggu kinerja pompa air. Adanya udara di tengah-tengah pipa paralon mengakibatkan pompa tidak mampu menarik air dari dalam tanah sebab tenaga hisapan yang dihasilkannya akan mengalir keluar melalui lubang tadi.

SOLUSI

Cara mengatasi pompa air yang masuk angin sebenarnya tidak terlalu sulit. Cuma memang Anda membutuhkan trik tersendiri untuk membuang udara dari dalam pipa tersebut, lalu Anda bisa memperbaiki titik-titik kebocorannya.

  1. Mengisikan Air ke Mesin

Produsen mesin pompa air sudah menyadari adanya kemungkinan saluran air bersih bisa mengalami masuk angin. Itulah kenapa, mereka sengaja mendesain produknya memiliki lubang khusus yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut. Posisi lubang ini biasanya berada di bagian atas mesin dan mempunyai tutup yang bergerigi.

Ketika pompa air Anda terkena masuk angin, Anda tinggal membuka tutup lubang ini. Setelah itu, isikan air ke dalam lubang tersebut dan pasang tutupnya kembali. Cobalah nyalakan mesin beberapa saat agar bekerja menghisap air. Setelah terdengar suara raungan yang cukup keras, Anda bisa segera membuka bagian kerannya.

  1. Menambal Sambungan Pipa

Dalam membuat instalasi saluran air bersih, hendaknya Anda meminimalkan jumlah sambungan pipanya. Gunakan pipa yang utuh serta hindari menyambung pipa-pipa yang berukuran pendek. Bukan tanpa alasan kami menyarankan perihal ini. Sebab titik-titik sambungan pipa memang rawan sekali bocor.

Kebocoran yang terjadi pada pipa paralon akan menjadi jalan masuk bagi udara untuk memasukinya. Sifat udara yang menekan ke segala arah membuatnya dengan mudah masuk ke dalam pipa. Mau tak mau Anda harus membongkar kembali sambungan ini. Kemudian lakukan penyambungan ulang memakai pipa untuk sambungan, lem PVC, dan selotip khusus.

  1. Memperbaiki Keran Air

Jangan anggap kalau keran air tidak bakal mengalami masalah. Kenyataannya keran air pun bisa rusak sedikit demi sedikit. Tidak hanya pada struktur kerannya, tetapi juga di bagian sambungannya dengan pipa. Misalnya keran air tersebut tidak merekat kuat pada drat sambungan pipa dan sedikit bergoyang. Dari sinilah udara bisa masuk.

Cara memperbaiki keran air yang rusak yaitu melepaskannya dari instalasi pipa. Periksa dengan teliti kondisi keran tersebut. Apakah keran ini masih layak digunakan atau sudah rusak. Jika masih layak dipakai, Anda bisa memasangnya kembali. Lilitkan selotip khusus cukup banyak di bagian ulirnya, kemudian oleskan lem PVC secukupnya. Barulah kemudian Anda bisa memasang keran ini pada pipa paralon. Trik ini akan membuat keran air tersebut terpasang dengan kuat.