Tidak Bisa Isi Token Listrik? Ini Solusinya!

Bagaimana cara mengatasi token listrik tidak bisa diisi? Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan baru untuk pelanggan listrik baru, di mana pelanggan baru yang akan memasang listrik di rumahnya sebesar 450 watt dan 900 watt diberlakukan tarif prabayar. Ini artinya Anda harus mengisi meteran listrik dengan token pulsa terlebih dahulu untuk dapat menggunakan listrik. Hal ini sangat bermanfaat agar Anda bisa mengontrol pemakaian listrik bulanan supaya dapat menghemat penggunaannya.

Anda bisa membeli token listrik di konter, mesin ATM, atau toko online. Selanjutnya masukkan token listrik yang berisi deretan angka tersebut ke meteran melalui tombol yang tersedia. Jika berhasil, layar pada display LED meteran akan memperlihatkan notifikasi. Namun ada kalanya proses isi ulang token listrik ini mengalami kegagalan. Anda merasa yakin kalau sudah benar memasukkan token ini berulang-ulang. Tetapi mengapa hasilnya tetap gagal? Seketika Anda pun merasa telah ditipu penjualnya dengan token pulsa.

token-listrik-tidak-bisa.jpg

Anda tetap harus tenang dulu. Tidak selamanya kasus kegagalan memasukkan token listrik ini disebabkan oleh token yang palsu. Ada pula beberapa penyebab yang lainnya yaitu :

  1. Server PLN sedang Bermasalah

Tidak ada kepastian kalau server listrik milik PLN akan aktif selamanya. Mungkin saja ketika Anda memasukkan token tersebut, kebetulan servernya juga sedang mengalami gangguan. Akibatnya perintah yang datang dari meteran Anda tidak bisa dilayani oleh server. Data yang telah Anda kirimkan tidak diproses sama sekali karena server sedang bermasalah. Anda harus sabar menunggu sampai kondisi server tersebut menjadi normal kembali. Hubungi kantor PLN terdekat untuk mendapatkan infonya.

  1. Salah Mengetikkan ID Meteran

Sama seperti nomor handphone, ID meteran listrik itu bersifat unik dan tidak ada yang sama. Setiap pelanggan listrik prabayar mempunyai nomor ID yang berbeda-beda.  Anda harus mengetahui  ID meter Anda dengan benar. Belilah token listrik sesuai ID tersebut sebab token listrik yang sudah dibeli otomatis akan terhubung ke ID meteran. Anda tidak bisa menggunakan token listrik untuk ID meter yang lain. Jika Anda keliru menyebutkan ID meter saat membeli token, otomatis tokennya tidak bisa dipakai.

  1. Gangguan Pada Meteran

Faktanya meteran listrik prabayar lebih rentan mengalami kerusakan jika dibandingkan meteran listrik pascabayar. Mungkin penyebabnya karena meteran ini mempunyai lebih banyak fitur dan sering dipencet tombolnya sehingga lebih rawan rusak. Apabila meteran listrik milik Anda sedang rusak, maka Anda tidak bisa memasukkan token listrik. Biasanya muncul peringatan seperti periksa, cancel, logo relay lepas, blocked, atau CTL jika meteran bermasalah. Segera minta bantuan petugas PLN untuk mengatasinya.

  1. Pemakaian Melebihi Limit

Tahukah Anda, sebagai pengguna listrik prabayar, PLN membatasi pemakaian listrik di rumah Anda. Setiap bulannya, Anda diberikan kuota maksimal listrik yang bisa dipakai. Jika kuota tersebut sudah habis, maka Anda tidak bisa menggunakan listrik lagi di bulan tersebut sehingga perlu menunggu bulan berikutnya saat kuota direset ke awal lagi. Kebijakan ini sangat bagus karena dapat memaksa pelanggan untuk menghemat energi listrik. Coba hitung lagi berapa KWH listrik yang sudah Anda pakai di bulan ini.

  1. Salah Menekan Angka

Manusia merupakan tempatnya salah dan lupa. Bukan tidak mungkin ketika Anda menekan tombol di meteran, Anda telah melakukan kesalahan dalam memasukkan nomor tokennya. Nomor token yang ditekan harus benar semuanya dan tidak boleh keliru walaupun satu digit saja. Kesalahan dalam memasukkan nomor token listrik ini mengakibatkan Anda gagal mengisi ulang listrik prabayar. Ada baiknya Anda menekan lagi tombol di meteran dan pastikan sudah sesuai dengan token yang dibeli.

  1. Instalasi yang Tidak Tepat

Sebaiknya Anda meminta bantuan tenaga profesional untuk memasang meteran listrik prabayar di rumah. Walaupun tarif jasa yang ditawarkan lebih mahal, tidak masalah asalkan hasil kerjanya memang bagus. Hindari meminta bantuan orang yang belum terlalu mahir memasang meteran listrik sebab Anda sendiri yang akan menanggung rugi nantinya. Meteran yang dipasang asal-asalan akan cepat rusak dan bermasalah. Salah satunya ialah sering gagalnya Anda ketika memasukkan token akibat responsnya lambat.