Tips Merawat Sotflens agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Anda mungkin seorang pengguna softlens? Dibandingkan dengan memakai kacamata, softlens menawarkan alat bantu penglihatan yang jauh lebih trendi. Anda tidak usah cemas penampilan bakal berkurang ketika memakai softlens. Malahan justru sebaliknya. Pemakaian softlens yang tepat akan membuat tampilan Anda jauh lebih bergaya. Tentu ini merupakan sebuah berita gembira, khususnya bagi Anda pengguna kacamata yang ingin tampil trendi.

Saat ini Anda bisa membeli softlens dengan mudah, baik di toko optik atau toko online yang menjual produk perangkat kacamata dan softlens. Harganya cukup terjangkau loh. Selanjutnya Anda harus belajar cara memasang dan melepas softlens tersebut. Lakukan dengan hati-hati supaya tidak membahayakan mata Anda. Selain itu, softlens pun wajib dirawat dengan baik sehingga kondisinya terjaga, tetap higienis, awet, dan tidak mudah rusak.

tips-merawat-softlens.jpg

Kami menyarankan Anda untuk merawat softlens dengan kiat-kiat di bawah ini!

Cuci Tangan Sebelum Memakai dan Melepas Softlens

Kebersihan merupakan dasar utama dari perawatan softlens. Softlens yang bersih dan higienis bakal aman dipakai dan awet. Oleh sebab itu, Anda harus membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lensa kontak ini setiap waktu. Di mulai dari membiasakan diri mencuci tangan saat ingin menggunakan softlens. Cucilah kedua telapak tangan Anda memakai sabun sampai bersih kemudian seka dengan kain lap hingga kering. Begitu pula ketika ingin melepaskan softlens dari mata, Anda pun wajib membersihkan tangan dahulu.

Pakailah Cairan Pembersih Softlens yang Direkomendasikan

Banyaknya pengguna softlens menarik perhatian pembisnis untuk berkecimpung di dunia ini. Hal ini terbukti dengan munculnya banyak produk cairan pembersih softlens di pasaran. Ada yang berjenis enzymatic cleaner, hidrogen peroksida, protein removal, dan multi purpose solution. Di satu sisi Anda sebagai pengguna softlens diuntungkan dengan banyaknya pilihan tersebut. Namun di sisi lain, Anda mesti berhati-hati dalam memilih produk pembersih softlens yang paling tepat. Pilihan cairan ini akan mempengaruhi kondisi softlens dalam jangka panjang.

Bersihkan Wadah Penyimpanan Softlens dengan Baik

Anda membutuhkan wadah khusus untuk keperluan menyimpan softlens. Anda perlu menjaga kebersihan tempat penyimpanan softlens ini. Jangan biarkan ada kotoran yang memasukinya sehingga akan mengotori softlens tersebut. Sebaiknya cucilah wadah penyimpanan softlens ini setiap hari agar kebersihannya senantiasa terjaga. Anda bisa memakai sabun cuci piring untuk membersihkan kotak penyimpanan softlens ini. Kemudian bilaslah menggunakan air hangat sampai bersih. Simpan kotak ini di tempat yang bersih, kering, dan sejuk.

Gunakan Obat Tetes Mata yang Disarankan

Bagi Anda yang memiliki mata dengan karakteristik yang cepat kering, kami sarankan pilihlah softlens yang mengandung kadar air di bawah 50% supaya cairan tidak cepat habis diserap oleh lensa mata tersebut. Hal ini akan membuat mata Anda tidak mudah kering. Meskipun begitu, Anda tetap dianjurkan memakai obat tetes mata secara berkala untuk menjaga tingkat kelembaban mata. Sehingga mata Anda pun tidak akan mudah mengalami iritasi. Selain itu, pakailah obat tetes mata khusus untuk pengguna softlens agar tidak merusak lensa kontak tersebut.

Cucilah Softlens Ketika Anda Merasa Tak Nyaman

Kadang-kadang Anda merasa tidak nyaman dengan softlens yang terpasang di mata. Penyebab dari masalah ini biasanya karena adanya partikel-partikel kotoran yang menempel di lensa. Anda tidak boleh membiarkannya. Lama-kelamaan partikel kotoran tersebut dapat menggores bola mata Anda apabila tidak segera disingkirkan. Sebaiknya Anda segera melepaskan softlens ketika sudah merasa tidak nyaman. Setelah itu, cucilah softlens tersebut memakai cairan pembersih seperti biasanya sampai kondisinya menjadi bersih kembali.

Pakailah Cairan Pembersih yang Baru

Boleh-boleh saja Anda hidup dengan gaya yang hemat. Tapi Anda tetap harus mengutamakan keamanan dan keselamatan diri sendiri. Jangan pernah memakai kembali cairan pembersih softlens yang sudah digunakan sebelumnya. Anda harus segera membuang cairan tersebut ketika sudah selesai menggunakannya. Kemudian saat Anda ingin membersihkan softlens lagi, gunakan cairan pembersih yang baru. Dengan begini, maka kondisi kebersihan softlens bakal tetap terjaga. Softlens pun akan senantiasa higienis.