Tips-tips Menggunakan Kompor Listrik dengan Benar

Apakah Anda baru pertama kali menggunakan kompor listrik? Tidak tahu cara memakainya dengan benar? Adanya kompor listrik memang sangat membantu kita dalam urusan masak-memasak hidangan di rumah. Apalagi saat ini keberadaan tabung gas elpiji sangat langka. Kalau pun ada, harganya sangatlah mahal. Nah, kompor listrik ini menjadi alternatif alat masak yang paling tepat untuk menyiasati kondisi seperti sekarang. Tapi Anda harus bijaksana dalam menggunakannya sebab perangkat elektronik ini membutuhkan energi listrik yang besar.

Kami mengerti jika Anda belum pernah menggunakan kompor listrik sebelumnya. Jadi wajar saja bila Anda masih mengalami kebingungan di sana-sini. Tetapi Anda tidak perlu takut, ragu-ragu, atau khawatir sebab semuanya dimulai dari belajar. Dari semula Anda belum bisa sama sekali memakai kompor listrik menjadi bisa dan mahir. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda mempelajari penggunaan kompor listrik yang baik dan benar. Silakan baca buku manualnya terlebih dahulu.

tips-menggunakan-kompor-listrik.jpg

Yap, di dalam buku manual yang melengkapi produk kompor listrik telah dijelaskan panduan pemakaian kompor listrik. Sayangnya di sana belum ada tips-tips penggunaannya supaya kompor listrik awet, tidak cepat rusak, tidak boros listrik, dan aman. Di bawah ini kami berikan kiat-kiat dalam menggunakan kompor listrik!

  1. Kompor listrik membutuhkan energi listrik yang sangat besar. Disarankan untuk mematikan beberapa perangkat elektronik di rumah Anda sebelum menyalakannya. Tujuannya agar listrik tidak jeglek akibat tidak kuat menahan beban. Mesin cuci, magic com, dan dispenser harus dimatikan untuk sementara waktu guna mengurangi beban listrik di rumah. Barulah kemudian nyalakan kompor listrik.
  2. Produk kompor listrik selalu dilengkapi dengan panci khusus untuk merebus dan wajan khusus untuk menggoreng. Sekali lagi kami ingatkan, pakai panci hanya untuk merebus serta wajan hanya untuk menggoreng. Selalu gunakan kedua peralatan dapur ini ketika Anda ingin memasak memakai kompor listrik. Jangan pakai panci atau wajan lain sebab tidak cocok dengan kompor listrik.
  3. Sebaiknya pilih pengaturan daya listrik yang paling rendah untuk amannya. Walaupun hal ini akan membuat proses memasak menjadi lebih lama, tetapi listrik di rumah Anda tidak berisiko mati secara tiba-tiba. Perlu Anda ketahui, listrik yang sering jepret dapat mengakibatkan perangkat elektronik cepat rusak. Sehingga Anda sebaiknya menyetel pengaturan kompor listrik ini di daya yang paling rendah.
  4. Letakkan panci di atas kompor listrik, kemudian masukkan semua bahan yang akan Anda rebus ke dalamnya. Biarkan kompor tersebut bekerja memanaskan panci dan merebus bahan-bahan di dalamnya. Anda hanya perlu menunggu saja sampai semuanya matang. Hati-hati terhadap cipratan air yang mungkin terjadi. Apabila cipratan tersebut mengenai kompor listrik, Anda sebaiknya langsung membersihkannya agar tidak berbahaya.
  5. Apabila Anda telah selesai memasak, segera nonaktifkan kompor listrik tersebut. Matikan kompor listrik tadi dengan memutar tombol powernya ke posisi off. Setelah itu, lepas kabel yang terhubung ke stop kontak listrik. Hal ini harus dilakukan sesegera mungkin supaya tidak memboroskan penggunaan listrik di rumah. Kemudian Anda bisa membersihkan kompor listrik menggunakan kain microfiber yang basah. Usaplah seluruh permukaan kompor listrik sampai kondisinya bersih kembali.